Wednesday, March 29, 2017

11 Makanan Khas Surabaya yang Bisa Buat Kalian Ngiler Banget

Surabaya mempunyai makanan khas nusantara yang tak kalah dengan kota-kota lain yang ada di Indonesia. Yang pasti makanan khas Surabaya ini bisa buat kalian ngiler banget guys.

Makanan Khas Surabaya memang terkenal unik dan menarik para perhatian para foodies. Bagaimana tidak unik?

Jika bahan olahannya terbuat dari cingur sapi. Salah satu makanan khas tersebut diberi nama rujak cingur.

Selain rujak cingur ada juga makanan khas surabaya yang unik. Namanya pecel semanggi.

Eitss, pecel surabaya ini berbeda loh dengan pecel-pecel di daerah lain. Pecel semanggi bahan olahannya menggunakan daun semanggi.

Selain rujak cingur dan semanggi, masih banyak makanan khas surabaya yang perlu kita ketahui dan harus juga kita cicipi.

Karena makanan khas surabaya memiliki cita rasa yang tak kalah dengan dengan daerah lain.

Berikut ini adalah 11 Makanan Khas Surabaya yang bisa buat kalian ngiler.

1. Pecel Semanggi

Semanggi adalah salah satu tanaman yang dimanfaatkan daunnya untuk dimakan. Masyarakat surabaya memanfaatkan semanggi sebagai pecel.

Namun pecel semanggi ini berbeda dengan pecel-pecel yang ada di daerah-daerah lain.

Pada umumnya pecel biasanya terbuat dari daun kangkung, daun ketelah dan kecambah yang dikukus kemudian di siram dengan bumbu kacang serta rempeyek sebagai pelengkap.


Kalau pecel semanggi menggunakan daun semanggi dan kecambah yang dikukus. Serta bumbu pecel semanggi terbuat dari kacang, ketela dan petis.
Untuk krupuknya menggunakan krupuk puli.

Uniknya, makan semanggi ini biasanya tidak menggunakan sendok tetapi menggunakan krupuk untuk mendapatkan rasa yang maksimal dari makanan khas surabaya ini.

Untuk mendapatkan pecel semanggi anda bisa pergi ke depan ruko-ruko bukit palma di surabaya barat, taman bungkul atau juga bisa di pinggir-pinggir jalan.

Penjual Pecel Semanggi
Pecel semanggi merupakan Makanan Khas asli original dari Surabaya


2. Rujak Cingur

Rujak cingur adalah salah satu makanan khas surabaya yang paling diminati para wisatawan yang datang ke surabaya. Pada dasarnya, rujak terbuat dari buah-buahan yang diberi bumbu.


rujak cingur terbuat dari campuran buah-buahan dan sayuran, seperti kangkung, kecambah, mangga, nanas, timun, bengkoang, kedondong, tahu, tempe, dan lontong.

Serta bumbunya terbuat dari parutan pisang muda, petis, cabe rawit, kacang goreng, dan bawang putih goreng.

Hmm bikin ngiler aja nih..

Keunikannya makanan khas ini menggunakan cingur sapi sebagai bahan utama.

Yuk para wisatawan yang pergi ke surabaya, jangan lupa dicicipi makanan khas surabaya yang amat lezat ini. Anda bisa menemuinya di rujak cingur Ahmad Jaiz Surabaya yang paling terkenal.

Baca juga : Depot Kalimantan Bamara, Wisata Kuliner di Surabaya yang Murah dan Rasanya Enak Banget


3. Lontong Balap


Lontong balap merupakan salah satu icon kuliner surabaya yang unik. Bagaimana tidak unik, dari namanya sudah terlihat unik.

Konon dahulu para penjual lontong di surabaya berjalan cepat-cepat untuk saling berebut pembeli sehingga menimbulkan kesan balapan. Oleh karena itu, dinamakanlah lontong balap.

Komposisi lontong balap hampir sama dengan rujak cingur. Komposisi lontong balap terdiri dari lontong, tahu goreng, mie, lentho, dan tauge yang banyak serta di siram kuah.

Jika anda berkunjung ke surabaya, jangan lupa mampir ke lontong balap garuda Pak Gendut.


4. Sate Klopo Ondomohen

Jika terdengar kata sate klopo, mungkin kita berprasangka bahwa satenya murni berbahan dari kelapa.

Sate klopo juga terbuat dari daging, tetapi sebelum dibakar sate di lumuri dengan parutan kelapa.


Namun sate klopo yang disurabaya ini berbeda dengan daerah lain. Makanan khas yang satu ini mempunyai bumbu khas rahasia yang membuat para foodies bakal ketagihan.

Salah satu sate klopo yang terkenal disurabaya adalah sate klopo Ondomohen Bu Asih.

Sate klopo bu asih tak hanya menjual sate ayam dan daging. Namun beraneka macam sate yang di jual.

Mulai dari sate udang, sumsum, daging sapi dan ayam yang di beri saus kacang. Sate klopo ondomohen bu Asih terletak di Jalan Walikota Mustajab no. 36 Surabaya.


5. Soto Ayam Lamongan Cak Har



Soto sebenarnya bukan makanan khas surabaya, namun soto ayam lamongan cak har ini paling terpopuler di surabaya.

Pada umumnya kuah soto berwarna kuning bening, tetapi soto cak har ini justru dimasak dengan santan sehingga kuah soto rasanya kental dan gurih.

Sebenarnya isi soto cak har ini sama seperti soto-soto yang lain yaitu nasi, suwiran ayam, irisan telor, dan bihun namun kuahnya kental dan suwiran ayamnya gede-gede.

Selain suwiran ayam dan telor, anda juga bisa minta balungan, jeroan dan ceker. Oh iya, soto ayam cak har terletak di jalan DR. IR. Soekarno Surabaya (MER)


6. Tahu Campur

Makanan khas satu ini hampir mirip dengan lontong balap. Makanan khas tersebut bernama tahu campur.


Bedanya, tahu campur berisi daging sapi, perkedel, tahu goreng, dan selada. Kuahnya pun juga berbeda dengan lontong balap, untuk kuah tahu campur menggunakan kuah sop daging. Serta campuran lainnya bisa menggunakan urat dan kikil.

Hhhmmm lezattt bukan !

Sebenarnya makanan khas ini berasal dsri Lamongan. Namun karena ada tempat makan tahu campur terkenal di Surabaya jadi seolah-olah dari Surabaya.

Salah satu rekomendasi tempat tahu campur yang paling lezat adalah tahu campur kalasan yang berada di Jalan Kalasan No. 22 Tambak Sari Surabaya. Harganya hanya di bandrol cuman 8000 rupiah. Murah bukan !


7. Tahu Tek-tek




Tahu tek adalah salah satu makanan khas surabaya yang mirip dengan rujak cingur.

Tahu tek ini salah satu makanan favorit mimin. Nih sambil nulis mimin makan tahu tek.hehe

Isi dari tahu tek terdiri atas potongan tahu yang digoreng setengah matang, lontong dipotong kecil-kecil, tauge, potongan timun kecil-kecil.

Dan terkadang juga terdapat potongan telur yang direbus yang di campur jadi satu kemudian di siram saus yang berwarna coklat.

Sausnya terbuat dari petis, air matang secukupnya, kacang tanah, cabai, dan bawang putih. Untuk topingnya bisa ditambahkan krupuk udang sebagai pelengkap.

Nama tahu tek itu sendiri berasal dari bahan dasarnya yaitu “tahu” sedangkan “tek” berasal dari gunting sang penjual yang berbunyi tek-tek.

Unik bukan !


8. Rawon setan


Rawon memang bukan makanan khas surabaya namun menjadi makanan khas Jawa Timur.

Kuah rawon yang bewarna hitam berasal dari kluwek. Rawon identik menggunakan daging sapi yang dipotong dadu atau bisa juga dibuat empal.

Di surabaya rawon yang paling terkenal dan paling banyak diburu wisatawan yaitu rawon setan.

Yang menjadi ciri dari rawon setan ini dagingnya yang besar dan teksturnya empuk ketika digigit. Anda bisa pergi ke Jalan Embong Malang Surabaya untuk mencicipi rawon setan.


9. Es Krim Zangrandi

Salah satu kedai yang menjual es krim di surabaya yaitu Zangrandi. Suasana kedai zangrandi masi mempertahankan suasana tempo dulu lantai, kursi, meja, dan bangunanya.



Ragam menu es krim juga masi dipertahankan sejak tahun 1930. Konon zangrandi didirikan oleh seorang pria yang berkebangsaan italia.

Selain es krimnya yang mewah, kedai ini juga nyaman kalau dibuat nongkrong. Kedai zangrandi terletak di Jalan Yos Sudarso surabaya.

Baca Juga : Pos Ketan Legenda 1967, Kuliner Wajib di Alun-alun Batu


10. Bebek Tugu Pahlawan



Bagi warga surabaya memang sudah tidak asing lagi untuk tempat ini. Jika anda tertarik, anda bisa datang ke seberang Tugu Pahlawan.

Meski sedarhana hanya beratap tenda pinggir jalan, warung ini sejak jam 6 sore buka sudah beramaikan pengujung.

Biasanya pengujung sering kali mengantri demi mendapatkan seporsi nasi bebek dan sambalnya yang khas sekali.


11. Sate Ayam Lisidu

Sate ayam legendaris satu ini wajib di coba. Sate lisidu benar-benar unik. Bentuk sate yang pipih menjadi ciri khas sate lisidu.


Jadi sebelum dibakar, sate ayam ini di masak terlebih dahulu supaya bumbu-bumbu olahannya lebih terasa. Sate ayam ini menggunakan daging ayam kampung. Enak kan !

Paling enak makan disini bersama teman-teman atau keluarga. Meskipun sambil nongkrong, jangan takut satenya dingin.

Setiap meja sudah di sediakan anglo untuk memangang satenya. Lokasi sate lisidu terletak di Jalan Kutai No. 53 Surabaya.

Bagaimana sobat sudah ngiler-ngiler ya lihat foto diatas. Sama saya juga.

Itulah tadi review saya tentang 11 Makanan Khas Surabaya yang bisa buat kalian ngiler Banget. Yang mungkin bisa menjadi sasaran sobat saat Travelling ke Surabaya.






EmoticonEmoticon