Friday, February 3, 2017

Kangen Bawean, Edisi Open Trip Backpacker 20-23 Januari 2017

Ya, Kangen Bawean.. entah sudah berapa kali saya menginjakkan Pulau Bawean ini.

Total sudah 5 kali saya ke Pulau Putri ini tapi tak tahu mengapa saya masih saja ingin ke Bawean. Dan saya sendiri merasa tidak.pernah bosan meskipun beberapa kali Ke sini.


Atas alasan itu juga saya buat Open Trip Backpacker ke Pulau Bawean. Sekalian mengisi hari libur saya dan juga menambah teman baru itu yang utama.


Selain itu, keramahan orang sana selalu saja membuat saya ingin sekali berbincang-bincang terus. Meskipun terkadang saya tidak paham benar bahasa bawean.

Sudah hampir 2 bulan saya tak ke Bawean. Alhamdulilah sejak saya posting di blog tentang Open Trip Bawean ramai sekali yang menghubungi saya.

Dan oleh karena itu saya berniatan akan bantu teman-teman membuat trip tiap bulannya.

Alhasil ada 5 orang yang ingin ke Bawean bareng saya di tanggal 20-23 januari 2017.

Mereka adalah mba Fauziah dari (Jkt), Pak Tjai Yen (Jkt), Rezki (Pontianak), Tyo (Pontianak), dan Mas Bayu dari Malang.

Seperti biasa saya mulai untuk berkumpul di Mepo Pelabuhan Gresik. Alhamdulillah mereka tidak sulit sekali menemukan pelabuhan ini. Karena memang sangat mudah sekali dicari.

Baca :

Perjalanan malam itu dilanjut naik Kapal Ferry Giliiyang. Perjalanan ditempuh hampir 10 jam. Semua peserta saya lihat tidur pules. alhamdlilahnya dapet tempat tidur.

Sampai di Bawean kuta disuguhkan pemandangan luar biasa Bawean dari atas Kapal. Setelah turun kami langsung dijemput oleh Bapak Hotel dan di kasih motor sewa.

Sampai penginapan kami lgsg prepare trip.. termasuk mandi makan dll. Sambil kenalan dikit-dikit gitu sama yang lain.hehe
Biar seru.

Walaupun katanya musim hujan, alhamdulillah saat trip kita kemarin sangat cerah. Alhasil kita mendapat beberapa spot dengan view yang bagus.

Biar gak penasaran, inilah spot yang kemarin kita kunjungi.


Hari Pertama :

1. Penangkaran Rusa

Alhamdulilah saat kesana kemarin saya dan rombongan bisa masuk ke dalam penangkaran. Karena kebetulan ada Bapak Penjaganya, dan kita bisa bertanya-tanya langsung ke Bapaknya.




2. Mayangkara Hill

View disini sebenarnya bagus banget.karena bisa nelihat pantai ria dibawahnya, namun sayang sekali pohon-pohonnya sudah mulai tumbuh tinggi. Jadi kita hanya bisa melihat dengan Mata pribadi langsung.

Tapi lihat tuh mas duo bersaudara dari kalimantan punya cara tersendiri biar bisa leluasa melihat keindahan spotnya. Mereka berdua naik bukit cuy..wkwk

Oya tadi sebelum ke Bukit mayangkara kita sempat foto di persawahan terasering bawean yang viewnya ajib.



3. Air Terjun Murtalaya 

Tak jauh dari tempat sebelumnya saya ajak teman-teman kesini dulu. Memang air terjun ini gak begitu tinggi, tapi tekstur batunya bisa membuat kalian terpesona.


4. Danau Kastoba

Keseruan mulai dimuali cuy.. keakraban satu sama lain mulai terasa. Yuk tracking dikit, kita harus tracking 30 menit untuk mencapai Danau Kastoba ini.

Sesampai diatas kita lanjut sholat, bersih2 badan, dan ada yang berfoto-foto ria. Kata mas Bayu Danau ini memang bagus banget.. yoi men !!! Dari beberapa teman yang saya antar kesini mereka sangat mengagumi Danau Kastoba.

Ehh Elvin udah nyebur aja tuh..




5. Air Terjun Candi

Puas bersantai bernostalgia di Danau Kastoba, kita turun dan saya ajak mampir ke Air Terjun Candi. Lokasinya memang tak jauh dari Danau Kastoba.

Asek seru-seruan.. kita ceburin satu persatu..hahaha
Usil banget. . Rencana Mba Oji yang di ceburin mala semuanya nyebur deh. :D



6. Lapangan Terbang Harun Tohir

Lihat kondisi fisik rombongan, rencana mendaki gunung Sabu harus saya skip dulu.

Dan saya kasih opsi kedua seperti trip saya di bulan Nov 2016 sebelumnya. Jadi nanti saya ajak ke Bandara Harun Thohir, dilanjut naik Mercusuar Motteghi, dan ke pantai di bawah menara.

Lumayan nambah spot kan, dari pada hanya naik satu Gunung/Spot menghabiskan waktu dan tenaga.

Nih foto-foto di Lapangan Terbang Bawean. Lapangan Terbang Bawean memang keren menurut saya, karena lokasinya sangat tinggi. Dari atas sini kita bisa lihat laut di bawah.

7. Mercusuar Mottegi

Yup, ini tempat ini merupakan tempat favorit saya. karena kita disini bisa melihat ujung barat P. Bawean seutuhnya. Tanpa kita harus naik Gunung Sabu.

Dan menurut saya dan teman saya yang sudah ke Gunung Sabu, view dari menara motteghi ini lebih bagus dan indah daripada dari atas Puncak G. Sabu.
Tapi menurut saya itu banyak Plus minusnya juga si.

Namun yang jelas kalian gak akan capek jika naik mercusuar ini. Eits hati-hati ya karena anginnya sangat kencang sekali. Kemarin mas Tyo sama Pak Dokter aja yang sampai Puncak. mbak Oji hanya sampai tengah. mas Bay sampai 2 tingkat aja.. cemen lu bro,,wkwk



8. Pantai Ebel-ebel

Entah ini benar apa tidak namanya Pantai Ebel-ebel "kata Ibuk Yang Nongkrong di sekitar Pantai".
Tapi yang jelas Pantai ini sangat indah sekali, apalagi di tambah dengan puluhan perahu nelayan yang sedang bersandar. Dari atas menara pantai ini sangat indah, karena membentuk lekukan.



9. Pantai daratan Pulau Cina

Rencana Sunset di Pantai Labuhan kami gagal karena matahari tidak tepat mengarah di pantai Labuhan. alhasil bak mengejar matahari kata Pak Liaw kita harus bergegas. Alhasil setelah mencari-cari dapatlah spot di daerah dekat Pulau Cina.

Spotnya lumayan jelas untuk sebuah sunset indah. Dan alhamdulillah saat sunset pecah banget...
Terdapat lafadz Allah di atas Matahari yang kala itu sedikit terbenam.


Hari Pertama ini kita tutup Sunset di Pantai itu dan Mencicipi Menu dinner ikan bakar di Warung Apung Pulau Cina Bawean.


Dan Hari Pertama ini kita dapat 9 Spot. luar biasa banyak kan !!!
- Penangkaran Rusa
- Bukit Mayangkara
- Air Terjun Murtalaya
- Danau Kastoba
- Lap. Udara Harun Thohir Bawean
- Menara Motteghi
- Pantai Ebel-ebel
- Pantai P. Cina


Hari Kedua

Pada hari kedua ini seperti trip-trip saya sebelumhnya. Saya akan fokuskan main air alias akan lama di pantai dan laut. Rencanaya kita akan hanya mengunjungi 3 tempat yaitu Tanjung Gaang, Pulau Gili dan Gili Noko.

10. Tanjung Gaang

Memang saat ini saya ke Tanjung Gaang saat musim penghujan. Meskipun saat trip kemarin kita sama sekali tidak diguyur hujan. Medan menuju Tanjung Gaang ini juga sangatlah sulit. harus berjuang ekstra keras.

Namun semua kelelahan ini akan di bayar sempurna dengan keindahan Tanjung Gaang ini. Deburan ombak lepas dan semenanjung karang membuat kita gagal move on dari tempat yang satu ini.



11. Pulau Gili

Ya, sebenarnya Pulau Gili sama Gili Noko adalah satu. Namun saat oasang akan terlihat pisah. Kemarin kita gak ngapa-ngapain di Pulau Gili. Cuma numpang ngopi sebentar. hehe

Setelah ngopi kita langsung cus naik kapal lagi. Ini waktu kita bung, waktu yang paling ditunggu. Yaitu Snorkling.

Yup saya ajak teman-teman melihat bawah laut Bawean seperti apa?
Dan saya akan dengar bagaimana testimoni mereka. hehe
Oke, Lanjut kita ke spot pertama di balik Pulau Gili dekat Tebing. Spot disini merupakan spot coral yang baru tumbuh.

Oke semuanya nyebur. . termasuk mas Bayu yang tadinya takut-takut. Alhasil mau juga sambil diajarin mba Oji prikitiew.

Lanjut ke Spot berikutya..
sambil berjalan ke Tengah Laut. saya dan Nahkoda sambil lihat-lihat bawah untuk mencari spot unik dan indah. Taraaaaaa.... alhamdulilah saya menemukan spot yang indah sekali. Ini kali perama saya ke spot ini, saya namakan spot "Angry Bird".




Karena ada salah satu Coral yang berbentuk burung Angry Bird. Dan di Spot kali ini sangat lah cantik-cantik karangnya.


Kata Mbak Oji : (Pernah ke Lombok, ke P. Seribu, ke Menjangan, ke Sulawesi, dll seluruh indonesia)
"bawah lautnya bagus banget, bener banget kalau ini lebih bagus dari Lombok / gili trawangan".

Sambil menambahkan cerita Ibu Dewi yang bilang serupa saat saya antar snorkling ke Gili Noko.

12. Kerambah Napoleon

Berawal dari bincang-bincang Pak Dokter Liaw yang tanya-tanya soal ikan Napoleon Bonaparte. Diajaklah kita ke kerambah yang memelihara ikan Napoleon. Ikan Napoleon merupakan ikan legenda dan katanya rasanya sangat wenakk bagi seorang penikmat Seafood.



13. Gili Noko

Seperti biasa setelah snorkling sampai matahari tenggelam kita akan menikmati Gili Noko sampai bosan.
Alhasil kita dapat sunset yang super keren..



Alhamdulillah trip hari kedua selesai dan kita harus menyudahi cerita ini. Dan insyaallah saya sudah gak kangen Bawean lagi. Oya bagi yang ingin lihat under water Bawean dan keindahan Sunset Bawean kalian bisa liat di Youtube Chanel saya Disini

Dan bagi yang ingin ke Bawean atau ke Bawean lagi sama saya yuk simak jadwalnya.

BacaOpen Trip Backpacker ke Bawean 2017 hanya 700ribuan



EmoticonEmoticon