Friday, January 27, 2017

Seger Banget !!! Renang di Sumber Maron Bersama Keluarga, Sumber Air Terbesar di Malang

Happy New Year Traveller! Kali ini Destinasi Ade akan menceritakan sumber mata air yang katanya terbesar di Malang.

Namun kali ini saya tidak sendiri guys, saya yang selalu ditemani alid ke Sumber Maron ini bersama keluarga saya di Malang. Bersama sepupu saya, suaminya dan keponakan saya yang hobinya adventure sama kayak Omnya. Dan di Sumber Maron kemarin kita renang bro. Rasanya seger banget..!!


Bagaimana ceritanya saya bisa sampai ke Sumber Air Sumber Maron ini ? Yuk simak ceritanya

Pada hari kamis, saya pergi ke kota malang. Perjalanan pada saat itu lumayan macet, mengingat saat itu adalah liburan akhir sekolah dan liburan akhir tahun. Setelah sampai malang, saya pergi mengelilingi kota Batu.

Diantaranya maen ke Coban Rais, Nongkrong Manja di Alun-alun Batu dan tak lupa saya pasti mampir ke pos ketan legenda.

Yuk baca cerita liburan akhir tahun saya..
#1. Spot Foto Coban Rais Wisata Terbaru di Malang yang Lagi Hits Banget.
#2. Makan Ketan di Pos Ketan Legenda 1967, Kuliner Wajib di Alun-alun Batu.
#3. Wisata Alun-alun Batu, Jujukan bagi Para Wisatawan di Batu 

Setelah mengelilingi Kota Batu, saya pergi ke rumah sepupuku yang berada di kepanjen malang dan bermalam disana. Pagi harinya, suami sepupuku mengajak pergi ke wisata sumber maron yang letaknya tak jauh dari rumahnya.

Tak butuh waktu lama, sekitar 20 menit saya sampai di parkiran Sumber Maron. Lokasinya yang sangat dekat dan mudah sekali di cari.


Lokasi Sumber Maron

Sumber Maron berada di Dusun Adiluwih, Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang. Lokasi wisata ini berada sekitar 5 km dari sebelah barat kota Gondang legi.

Jika di tempuh dari kepanjen berjarak 4 km dari arah timur. Dari stadion Kanjuruan terus saja sampai menemukan plakat yang bertuliskan Sumber Maron di sebelah kanan.



Sekilas tentang Sumber Maron

Sumber maron merupakan salah satu wisata kolam alami yang berada di malang selatan. Daya tarik wisata ini berupa sumber mata air yang amat jernih.

Lokasi sumber maron sangatlah asri karena berada di kawasan persawahan penduduk. Sumber maron dibuka pada jam 07.00 sampai 18.00.

Asal mula nama sumber maron sendiri terdapat 2 versi. Ada yang mengatakan berasal dari kawasan sumber air menyerupai maron, ada juga yang mengatakan mata air yang berasal dari sebuah maron (pelatan menanak nasi) yang pernah dibuang di daerah tersebut.

Setelah bayar Tiket Masuk ke Lokasi Sumber Maron ini tak lupa saya beli sempol dulu guys. Si akmal keponakan saya ini sangat antusias sekali kalau di ajak jalan-jalan.hehe



Kesan pertama melihat lokasi Sumber Maron ini jernih dan luas banget. Selain itu kita juga di suguhkan berbagai jajanan di lokasi ini. Jadi jangan khawatir guys, banyak makanan disini.

Ada yang jual sempol, pentol, ada juga yang jual berbagai gorengan disini, ada juga yang jual pelindung HP, peralatan foto (tripod, tongsis). Pokoknya lengkap banget penjualnya.

Saya dan keluarga masuk ke lebih dalam menyusuri aliran sumber air yang jernih ini. Sejenak saya terhenti karena melihat banyak ikan air tawar yang terlihat jelas tanpa harus nyelam.


Memang air sumber maron ini jernih sekali. Ikan-ikanya banyak banget dan lumayan besar. Ada ikan koi, ikan mas, ikan tombro, dll.

Sambil menyusuri aliran air di Sumber Maron ini, saya mengamati. Sumber Air di Sumber Maron ini tergolong besar. Debit air tawar yang dihasilkan sangat besar sekali dan melimpah.Sebelumnya saya juga pernah ke Sumber Sirah dan sumber airnya tak sebesar ini.

Sangat tak kusangka aliran air Sumber Maron ini membentuk air terjun yang dinamakan grojokan sewu/Air Terjun oleh warga setempat. Ketinggian air terjun ini sekitar 5-6 meter dan kemiringannya sekitar 60 derajat.



Apa saja yang bisa dilakukan di Sumber Maron?

Pertama kali kita masuk sumber maron, kita di suguhkan dengan penampungan air yang bisa di gunakan untuk berenang. Kita harus berhati-hati jika berenang di pemandian ini, karena semakin ke tengah semakin dalam, kedalaman air bisa mencapai 2 meter.

Di dalam pemandian ini, terdapat juga ikan-ikan yang sengaja di pelihara. So, kita bisa langsung berfoto dengan ikan sobat, tak kalah dengan snorkling di laut. Di sekitar area pemadian juga di sewakan ban untuk berenang.

Namun Keponakan saya yang satu ini pengen langsung nyebur aja nih. Okay, akhirnya yang cowok-cowok berenang dan tak lupa saya bawa camera underwater saya. Yang ibu-ibu gak mau berenang maklum alid kan takut sama air.


Hahaha.. gokil ikannya banyak banget guys.

Sayang pada kabur saat saya nyelem, padahal pengenya selfie bareng ikan-ikan itu. Gak papa yang penting saya dapet beberapa foto ikan itu.

Akmal seneng banget sampai dia pengen renang tanpa Ban. Padahal umurnya baru 2 tahun, akhirnya sama mas Imam di pegangi agar dia gak jatuh. Maklum keponakan saya satu ini sangat suka dengan air, sampai-sampai air tawarnya di jilatin tuh.. hehehe

Seperti yang saya ulas diatas Sumber Air di Sumber Maron ini cukup Besar Sampai membentuk sebuah Air Terjun. Disekitar air terjun ini sobat  bisa melakukan aktifitas river tubing atau berenang sambil menikmati derasnya air Sumber Maron ini. Untuk sewa ban juga tersedia di kawasan ini.



Fasilitas-fasilitas yang ada di sumber maron?

Berikut fasilitas-fasilitas yang ada di sumber maron :

  • Tempat parkir motor dan mobil yang luas
  • Tempat penyewaan ban
  • penyewaan karpet
  • Kamar mandi
  • Tempat ganti baju
  • Tempat penitipan barang
  • Warung makan
  • Kios-kios penjual sabun, sampo.
  • Penjual peralatan berenang (kacamata renang, pakaian yang cocok untuk berenang, maupun waterproof case dan tongsis).
Dan lain sebagainya.


Berapa Harga Tiket Masuk ke Sumber Maron?

Berikut harga tiket masuk sumber maron  (update Desember 2016) :

  • Dewasa : 3.000,-
  • Anak-anak : Rp. 2.000,-
  • Parkir Motor : Rp. 2000
  • Parkir Mobil : Rp. 5000

Selain tiket masuk, ada juga penyewaan lainnya :

  • Ban kecil : Rp. 3000 (Sepuasnya)
  • Ban sedang : Rp. 7000 (Sepuasnya)
  • Ban untuk river tubing : Rp. 10.000 (Sepuasnya)
  • Ruang ganti : Rp. 1000
  • Mandi : Rp: 2000


Tips Mengunjungi Sumber Maron :

  • Makanlah sebelum berwisata untuk menambah energi anda.
  • Jangan berkunjung saat hujan karena jalan ke sumber maron licin.
  • Hati-hati saat berenang, jangan sampai menginjak ikan yang sengaja di pelihara.
  • Bawalah waterproof case atau camera anti air untuk berfoto dibawah air.
  • Jika ingin berfoto di bawah air dengan suasana yang sepi, datanglah dipagi hari saat jam kerja atau pada saat hari biasa.
  • Jangan memakai bikini, berbuat senonoh, minuman keras, dan narkoba saat berwisata di sini.
  • Jangan lewatkan untuk membeli sempol/gorengan, karena disekitar wisata ini banyak sekali penjual sempol/gorengan.


Bagaimana kalian tertarik kan ke Sumber Maron yang katanya Sumber Air Terbesar di Malang? apalagi kalau ramai-ramai bersama keluarga seperti saya pasti seru banget. Selain harga tiket masuk yang terjangkau lokasinya juga masih sangat alami.

Air Sumber Maron ini sangat segar sekali, saya rasa saya harus kesini lagi jika ada waktu di Malang. Puas Renang dan jalan-jalan, sehabis sholat jum’at saya pamitan ke saudara saya untuk pulang ke Surabaya.

Oya saya kemarin gagal ke Kampung Warna-warni Jodipan, kali ini saya harus mampir karena sejalan. Simak cerita lanjutan saya ya..


EmoticonEmoticon