Friday, September 9, 2016

Jalan-jalan ke Jembatan Baru Suroboyo, Jembatan Ekonomi Pesisir Kenjeran


Hello sobat traveller, berjumpa lagi dengan saya ade, kali ini saya akan bercerita pengalaman saya saat jalan-jalan ke Destinasi Wisata Baru yang ada di Kenjeran Surabaya yang bernama "Jembatan Baru Kenjeran Suraboyo".

Banyak nama untuk menyebut Jembatan ini ada yang menyebutnya Jembatan Suroboyo ada juga yang menyebutnya Jembatan Kenjeran.

Jembatan beserta air mancur
Bagaimana saya bisa sampai dan memutuskan untuk ke kenjeran.

Siang itu  tanggal 30 Juli 2016 saya dan si doi pergi ke WTC untuk membeli HP. Maklum lah HP saya jadul masih belum support jaringan 4G dan harga paketan internet saat ini lebih murah yang 4G.

Jadi perlu lah buat ganti hp biar update. Setelah kurang lebih 2-3 jam di WTC, hasilnya nihil karena budget saya dibawah harga untuk ngebeli HP yang 4G. Maklum lah lagi bokek guys.

And then saya ngajak si doi untuk cabut dari WTC dan pergi ke Taman Gantung di Jalan Tunjungan.

Kita berdua penasaran seperti apa Taman Gantung Surabaya ini, sebelumnya sempat ada Festival Kuliner disini saat peresmian dan sayang saya tidak bisa kesana.



Setelah dari taman gantung, si doi ngajak ke Jembatan Baru Kenjeran Suroboyo yang kata orang-orang bagus banget.

Sebelum saya bahas lebih jauh,
ada yang kenal tidak Bu Tri Rismaharini?

Saya yakin semua Netizen Surabaya kenal dengan orang nomor satu di Kota Surabaya ini.

Tri Rismaharini walikota surabaya yang patut kita acungi jempol, pada tanggal 9 juli 2016 telah meresmikan Jembatan Baru yang berlokasi di Kenjeran.

Jembatan Suroboyo merupakan salah satu infrastruktur yang berbentuk sebuah jembatan yang menghubungkan secara langsung kawasan pesisir jalan Pantai Ria Kenjeran Baru (Kenpark) dengan Pantai Kenjeran Lama.
Yaitu lokasi Taman Hiburan Pantai (THP) di Kenjeran Lama.
Foto dari THP  kenjeran lama
Selain itu, maksud dari tujuan pembangunan wisata Jembatan Baru Surabaya ini yaitu untuk pemerataan ekonomi di Surabaya.

Asal sobat tahu disekitar Jembatan Baru Surabaya ini merupakan kawasan kampung Nelayan. Jadi, sobat bisa beli ikan-ikan laut disini.

Dengan adanya Jembatan Baru Surabaya ini bisa mengangkat perekonomian masyarakar pesisir kenjeran bisa dari retribusi parkir, warung makan dan juga oleh-oleh.

Jembatan yang memiliki panjang 800 meter dengan lebar 80 meter dan tinggi 12 meter ditahan dengan 150 tiang pancang. Bentuk jembatan ini didesain secara melengkung hampir menyerupai busur.

sama Do'i
Poto model instagram : ni_vivinayu
Jika sobat pernah ke Jembatan Bajul Mati Malang atau Jembatan Malo Bojonegoro sama seperti itu.

Bedanya kalau di Jembatan Baru Surabaya sobat bebas bisa naik keatas. Jadi, sobat bisa melihat view laut kenjeran secara langsung.
Selain itu sobat juga bisa melihat Jembatan Suramadu dari sini.

Setiap harinya jembatan ini ramai dengan pengujung apalagi di hari sabtu.
Saya kemarin kesini pada hari sabtu buset ramainyaa..

Jembatan Suramadu di kejauhan

Jam berapa buka Jembatan Suroboyo

Di Jembatan Baru Surabaya ini tidak ada jam buka karena ini merupakan fasilitas umum. Jadi sobat bisa kesini jam berapapun.

Saya kemarin ke Jembatan Baru Surabaya saat sunset sampai malam. Karena saya penasaran bagaimana sunset di Jembatan Baru Surabaya.

Apa yang menjadi daya tarik dari Jembatan Suroboyo ini?

Yang menjadi icon dan daya tarik di jembatan ini yaitu pertunjukan air mancurnya. Pertunjukkan air mancur menari ini seperti yang ada di luar negeri. Air mancur ini menari meliuk-liuk disertai dengan lighting warna-warni yang berganti setiap waktu.
air mancur pelangi


Tarian air mancur menari ini juga diiringi lagu Surabaya dan Jembatan merah.
Air mancur ini hampir sama dengan yang ada di Go Fun Bojonegoro.



Sayangnya pertunjukan air mancur menari ini tidak di tayangkan setiap hari melainkan hanya sabtu malam minggu saja, berdurasi 1 jam pada pukul 20.00 WIB – 21.00 WIB.
Pantas pas saya kesini di hari sabtu ramai banget.

Bagaimana cara menuju / Lokasi Jembatan Baru Suroboyo?

Awalnya saya tidak tahu dimana Jembatan Baru Surabaya ini.
Dan saya nyasar karena lewat jalan baru samping Kenpark.

Dan untuk menuju Jembatan Baru yang paling mudah adalah pertama pastikan sobat sampai di Kenpark (Kenjeran Park). Setelah itu sobat belok kiri lewat depan Kenpark atau kearah utara.

Ikuti saja jalan tersebut sampai sekitar 2-3 km nanti akan terlihat Kontruksi bangunan yang indah.
Iya, itu namanya Jembatan Baru Surabaya.

Dari kejauhan sangat indah sekali terutama pada lekukan kontruksi atas.

Untuk parkir sobat bisa menitipkan disebelum masuk kawasan Jembatan. Namun kebanyakan warga masih membawanya parkir dibawah jembatan, namun sangat rawan sekali.

Berapa Harga Tiket Masuk Jembatan Baru Suroboyo Kenjeran

Untuk masuk di Jembatan Baru Suroboyo ini Gratis alias tidak dipungut biaya. Hal ini dikarenakan Jembatan Baru Surabaya dijadikan Fasilitas Publik dari Pemkot Surabaya.

Bagaimana tertarik ke Jembatan Baru Surabaya yang ada di Kenjeran ini, segera kesana ya sebelum semua orang sudah kesana. Jika sobat ada pertanyaan bisa komentar di kolom komentar di bawah.


Baca juga : Inilah 21 Destinasi Wisata Gresik Terlengkap dan Terbaik yang Wajib di Kunjungi


4 komentar

Keren jg tuh jembatannya .__. btw saya pengen bgt tuh ke kampung nelayan!! Hahhaha ._.


EmoticonEmoticon